Berita

Study Tour Angkatan 8 SMPIT IFIBS 2021


SMPIT IFIBS kota Magelang telah sukses melaksanakan salah satu kegiatan tahunan yakni study tour untuk kelas IX pada 31 May sampaa 1 juni 2021 dengan tujuan destinasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan ini diselenggarakan selain untuk refresh dan bersenang-senang juga untuk meningkatkan pengetahuan, kemandirian, soft skill, life skill, memperkenalkan wawasan lingkungan, wawasan berwirausaha, menumbuhkan sikap solidaritas, dan kerja sama santri.

Dihari pertama destinasi yang dikunjungi yaitu Discovery Yogyakarta International Airport (YIA), Pantai Glagah, Lava Tour Merapi dan Malioboro.
 
Ketika kita mengunjungi YIA selain tour edukasi tentang ketika di bandara, ada hal yang menurut kami istimewa yakni kami SMPIT IFIBS menjadi sekolah dan pondok pertama di indonesia yang mengikuti program yang diselenggarakan oleh YIA ini, selain itu juga bertepatan dengan mendaratnya salah satu pesawat terbesar di dunia, mungkin ini adalah moment yang jarang terjadi.

Di pantai Glagah tidak banyak hal yang bisa dilakukan karena di destinasi ini selain karena ombak yang lagi tinggi disini juga sekedar transit untuk menunggu bis cloter satu yang Akhwat selesai berkunjung di YIA  karena khusus di YIA ini kami terbagi menjadi dua sesi, yang putri ke YIA yang ikhwan ke pantai glagah begitu sebaliknya. dilanjutkan makan siang bersama dan menuju ke destinasi selanjutnya, lava tour merapi.

Di Lava Tour Merapi ini kami berpetualang dengan jeep di lereng merapi dengan radius lebih dari empat km dari puncak merepi, sebenarnya bisa lebih dekat sekitar satu setengah km ke atas tapi karena gunung merapi saat ini lagi siaga jadi tidak bisa explore lebih jauh lagi, semoga di lain kesempatan bisa terlaksana. Banyak hal atau pengetahuan yang kami dapat di destinasi ini tentang letusan di tahun 2006 dan yang dahsyat di tahun 2010 sisa-sisa dampak letusan terpajang di museum Mini Sisa Hartaku, selanjutnya lebih keatas lagi masuk ke batu Alien di kali kuning. Sebuah batu besar yang terbawa lahar panas akibat erupsi Merapi pada tahun 2010 silam, batu ini jika dilihat dari arah sudut yang tepat akan mirip menyerupai sebuah wajah alien seperti yang kita ketahui tersebar luas di internet.

Dilanjutkan dengan makan malam dan langsung menikmati malam di Malioboro dan sekitarnya, kemudian pulang ke penginapan.

Di hari ke dua, aktifitas dipagi seperti biasa sarapan dan sebagainya dilanjutkan dengan foto bersama di stand yang telah di sediakan oleh panitia dan kemudian menuju ke destinasi pertama yaitu tugu coklat. Seperti dengan  namanya, bisa ditebak kegiatan disini apa saja, ya disini peserta mempelajari tentang coklat mulai daris sejarah, penanaman kakau, proses pembuatan coklat dan terakhir praktek berkreasi dengan menggunkan coklat yang sudah jadi.

Selanjutnya peserta menuju ke pantai menganti, ya meskipun tujuanya pantai tapi yang kita lakukan disini hanya sekedar istirahat makan siang sebentar dan selanjutnya langsung ke object wisata yang tidak jauh dari sini yaiutu pantai sadranan, di pantai ini agenda yang dilakukan yaitu snorkling, hanya saja kegiatan ini tidak bisa dilakukan peserta karena kebetulan pas ombak sedang besar dan akhirnya hanya bisa bersenang senang di tepi pantai.

Menjelang sore hari sekitaran pukul 16 peserta bersiap untuk melanjutkan ke destinasi terakhir yaitu Heha Sky View. Sampai dilokasi sekitar pukul 19.00
dilanjutkan sholat lalu menikmati indahnya kota Jogja dari ketinggian di malam hari.

Setelah acara selesai peserta kembali menuju Magelang dan tiba tanggal 6 Februari pukul 13.00 WIB. Diharapkan dari kegiatan Study Tour ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa langsung dari tempat yang dikunjungi dan meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama teman maupun ustadz dan ustadzah.

Akhir kata "sampai bertemu lagi dengan cerita kita masing-masing".  


Kirim Pesan
?>