Berita

DISIPLIN ADALAH SENJATA KEMAJUAN


“Senjata kita maju adalah disiplin, bukan ijazah, dan ilmu. Segala sesuatu tanpa disiplin akan hancur. Berdisiplin tiga bulan itu lebih baik daripada tidak berdisiplin selama satu tahun.” (KH. Imam Zarkasyi)

Disiplin adalah kesediaan seseorang karena kesadaran sendiri untuk mengikuti peraturan-peraturan berlaku. Seseorang harus bisa menempatkan nilai-nilai disiplin ini dengan baik dan benar. Disiplin terbentuk secara berproses melaluhi perilaku, baik berupa kepatuhan, kesetiaan, ketentraman, keteraturan, hingga ketertiban.

Orang yang disiplin memiliki kecenderungan hidup teratur fokus pada pekerjaan dan punya kemauan yang keras. Karena itu disiplin adalah cara mewujudkan impian menjadi kenyataan. Karena dengan melatih disiplin selama tiga bulan, maka akan merubah diri kita. Namun tanpa disiplin, meskipun setahun tidak akan merubah diri kita.

Disiplin ada karena ditegakkan. Lahirnya keberanian dalam menegakkan disiplin karena keberhasilan pembinaan. Tidak mudah menegakan disiplin yang merupakan bagian dari aktivitas nahi munkar (mencegah kemungkaran), karena realitas menunjukkan betapa banyak orang yang memilih aktivitas amar makruf tanpa berfikir untuk menyeimbangkan dengan aktivitas nahi munkar.

Disiplin diri adalah cara untuk membuat impian kita menjadi kenyataan. Disiplin diri juga cara untuk mengubah kelemahan kita menjadi kekuatan, terutama kekuatan mental dan spiritual. Orang yang disiplin pasti punya power yang lebih besar. Supaya disiplin itu bisa dijalankan syaratnya adalah memiliki tujuan hidup yang jelas, dan tujuan itu jelas-jelas di perjuangkan dengan komitmen tinggi, target yang riil dan meyakini adanya balasan Allah Swt. terhadap kebaikan yang kita lakukan, meskipun itu hanya sekecil atom.

Ust. Imam Sadzali

Kirim Pesan
?>